Profil RSB Kartini

Profil RSB Kartini

Rumah Sakit Bersalin KARTINI mulai didirikan pada tahun 1980 dengan berawal dari Bidan Praktek Swasta (Bidan panggilan) yang dikelola oleh Bidan Soekartini, hingga pada tahun 1990 izin RumahBersalin diperoleh oleh Bidan Soekartini. Rumah Bersalin KARTINI bernaung dibawah Yayasan Kartini yang didirikan dengan akta Notaris Amrul Partomuan SH.LLM dengan Akte Yayasan No.66 tertanggal 21 September 1988, dan perpanjangan Surat Izin Penyelenggaraan Rumah Sakit dengan Akta Notaris No. 30 tertanggal 31 Juli 2002 dengan masa berlaku sampai dengan 28 Februari 2015.

Seiring dengan bertambahnya jumlah pasien dan demi meningkatkan pelayanan terhadap pasien Bidan Soekartini mengajukan perubahan untuk menjadi Rumah Sakit Bersalin. Dengan usaha yang keras dan disertai doa pada tahun 2002 ijin Rumah Sakit Bersalin KARTINI diperoleh dengan Badan Hukum PT Medika Kartini Mandiri yang dibentuk dengan akta Notaris Hanugrah SH tertanggal 31 Juli 2002.

Rumah Sakit Bersalin KARTINI yang diresmikan oleh Drs.Fauzi Wibowo Ing ( Gubernur DKI Jakarta masa periode 2007-2012 ) memiliki beberapa fasilitas yang menjadi penunjang aktivitas Rumah Sakit Bersalin KARTINI yaitu Apotek Kartini Mandiri, laboratorium, instalasi pengolahan air limbah, ruang bayi, ruang operasi, dan recovery room. Adapun fasilitas penunjang lainnya adalah kantin, ATM, lahan parkir yang luas, wartel.

Selain sebagai tempat pelayanan umum, RSB KARTINI juga menjadi tempat pelatihan Asuhan Persalinan Normal (APN) untuk bidan-bidan dari seluruh Indonesia. Sebagai rumah sakit yang baru berdiri kami bangga menjadi tempat pelatihan APN karena hal ini membuktikan keberhasilan Rumah Sakit Bersalin KARTINI dalam menjalankan tugasnya sebagai penyedia jasa dibidang kesehatan.

Selain itu Rumah Sakit Bersalin Kartini saat ini juga memiliki Akademi Kebidanan yang dimulai sejak tahun 2009. Hal ini demi mewujudkan salah satu tujuan Rumah Sakit Bersalin Kartini yaitu selain melayani jasa kesehatan tetapi juga dapat menjadi tempat sebagai sarana pendidikan dan mencetak tenaga medis profesional khususnya para bidan. Rumah Sakit Bersalin KARTINI kini telah menjadi Rumah Sakit yang terakreditasi dengan 5 pelayanan dasar dengan sertifikat Komisi Akreditasi Rumah Sakit Nomor : KARS-SERT / 506 / V / 2012.